Waspadai AC Mobil Berembun Saat Musim Hujan! Jangan Lengah! Pelajari Masalah dan Solusi yang Tepat
Waspadai AC Mobil Berembun Saat Musim Hujan! Jangan Lengah! Pelajari Masalah dan Solusi yang Tepat

Indonesia sudah memasuki musim hujan. Tak heran intensitas hujan kian tinggi setiap hari nya. Tentu nya penggunakan mobil dalam berkendara akan menjadi salah satu pilihan utama dalam mobilasi sehari-hari agar nyaman dan tidak basah di perjalanan.

Namun taukah anda, kaca mobil yang berkabut / berembun dapat menimbulkan masalah serius bagi pengemudi seperti mengganggu penglihatan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Kabut / embun pada mobil terjadi karena suhu udara di dalam mobil lebih tinggi dari suhu udara diluar, kemudian uap air akan terkondensasi pada permukaan kaca dan menyebabkan kaca berembun. Disamping itu ada factor lain yang dapat memperburuk kondisi ini yaitu :

 

Kelambapan dan Suhu Udara Dalam Mobil yang Terlalu Tinggi

Udara yang lembap dapat menyebabkan uap air menempel pada permukaan kaca dan membuatnya berkabut atau berembun. Ini dikarenakan AC mobil tidak berfungsi dengan baik dan jika sirkulasi udara di dalam mobil buruk. Saat suhu di dalam mobil terlalu tinggi, udara yang keluar dari AC akan lebih dingin dari suhu di dalam mobil.dan menyebabkan uap air menempel pada permukaan kaca.

 

Kondisi Ventilasi yang Kurang Baik

Ventilasi yang buruk dapat menyebabkan udara di dalam mobil menjadi lembap dan membuat kaca mobil berembun saat hujan. Oleh karena itu perlu diperhatikan kondisi ventilasi pada mobil anda.

 

Kondisi AC Mobil yang Kurang Baik

AC mobil yang tidak berfungsi dengan baik atau tidak dirawat secara rutin dapat menyebabkan kelembaban udara di dalam mobil meningkat dan membuat kaca mobil berembun saat hujan. Oleh karena itu, pastikan AC mobil dirawat secara rutin dan diperiksa secara berkala ke bengkel AC kesayangan anda.

 

Untuk mengurangi resiko dalam berkendala, kenali pengaturan dan perawatan AC Mobil yang baik dan tepat seperti berikut :

 

Pengaturan Suhu yang Tepat

Suhu AC Mobil yang tepat saat musim hujan berkisar antara 22-24°C. Suhu ini akan membantu mengurangi kelembaban udara di dalam mobil dan mencegah kaca mobil berembun.

 

Penggunaan Defogger

Defogger mengalirkan udara hangat langsung ke kaca mobil dan membantu mengurangi kelembaban di permukaan kaca. Pastikan untuk mengaktifkan defogger saat hujan untuk menghindari kaca mobil yang berembun dan membahayakan keselamatan berkendara.

 

Penggunaan Kaca Mobil

Kaca film dapat membantu mengurangi kelembaban udara di dalam mobil dan mencegah kaca mobil berembun.

 

Perawatan AC Mobil Secara Berkala

Perawatan AC mobil secara rutin sangat penting untuk menjaga kondisi AC mobil selalu optimal dan mencegah kaca mobil berembun saat hujan. Selalu rutin service AC Mobil Anda di Bengkel berpengalaman dan Amanah. GreenOTO sudah berpengalaman lebih dari 12tahun dan memiliki teknisi yang handal dan professional.