AC Mobil Tiba-Tiba Panas? Jangan Abaikan! Ketahui Penyebab AC Mobil Panas dan Tidak Dingin
AC Mobil Tiba-Tiba Panas? Jangan Abaikan! Ketahui Penyebab AC Mobil Panas dan Tidak Dingin

Pernahkan AC Mobil anda tiba-tiba panas dan tidak dingin? Dalam kasus seperti ini, hal pertama yang biasanya pemilik mobil lakukan adalah mematikan AC Mobil sejenak, kemudian dinyalakan kembali untuk melihat apakah AC Mobil dapat kembali normal / tidak.

 

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin yang paling sering dialami oleh pengendara adalah freon yang habis atau kurang. AC mobil yang tidak dingin biasanya hanya akan terasa hembusan angin saja tanpa adanya hawa dingin. Kondisi ini dapat membuat pengendara menjadi kesal terutama saat berkendara dalam cuaca panas atau dalam kondisi macet. Namun ada berbagai factor yang dapat menyebabkan AC Mobil tidak dingin / panas dan tidak selalu karena Freon yang habs / kurang.

 

Hal pertama yang harus anda coba cek adalah pengaturan AC Mobil. Pengaturan yang salah dapat mempengaruhi dingin atau tidaknya hawa AC Mobil yang keluar. Namun apabila semua pengaturan sudah sesuai dan AC Mobil tetap tidak dingin, ada beberapa hal yang dapat menyebabkannya, antara lain:

 

Freon Kurang / Habis

 

Freon yang berkurang / habis dapat menyebabkan AC Mobil tidak dingin dan terasa panas. Anda dapat melakukan pengisian freon AC Mobil serta melakukan pengecekan apakah terdapat kerusakan atau kebocoran lain untuk mencegah freon kembali bocor atau habis saat sudah diisi.

 

Korsleting Pada Kelistrikan AC

 

Arus pendek yang terjadi pada sistem kelistrikan AC dapat membuat sekring AC menjadi putus. Efek yang terjadi adalah angin yang keluar dari AC mobil terasa panas.

 

Kondensor Kotor / Bocor

 

Kondensor berfungsi untuk membuang panas yang dilepaskan oleh kompresor AC Mobil. Kondensor yang kotor menyebabkan pembuangan panas menjadi tidak optimal salah satunya karena kotoran yang menumpuk dan karat.

 

Evaporator AC Mobil Kotor

Evaporator AC Mobil yang kotor dan berdebu dapat menyebabkan AC Mobil menjadi tidak dingin. Debu yang menumpuk dapat menyumbat evaporator sehingga aliran udara dari blower menjadi terhambat. Dampaknya adalah sirkulasi AC menjadi terganggu dan hawa yang keluar dari AC terasa tidak dingin.

 

Motor Pada Extrafan Mati

Kerusakan pada bagian motor extra fan juga dapat menyebabkan AC terasa panas dan pendinginan tidak optimal. Extra fan yang tidak berputar atau rusak dapat berpengaruh pada proses kondensasi atau pendinginan yang berjalan tidak optimal.

 

Kompresor AC Mobil Rusak / Tidak Optimal

 

Kompresor yang rusak dapat menyebabkan AC tidak dingin dan hanya terasa hembusan angin saja. Anda dapat mengetahui kerusakan kompresor berdasar ciri bunyi gesekan saat terjadi tekanan yang tidak normal pada kompresor.

 

Disamping itu semua, sangat banyak factor yang dapat menyebabkan kerusakan AC Mobil hingga kurang optimal / rusak. Sebelum terjadi kerusakan yang besar, penting untuk melakukan Service Rutin agar AC Mobil anda selalu terjaga dan kerusakan dapat diketahui sejak dini.

Bengkel AC Mobil GreenOTO merupakan Bengkel AC Mobil Terpercaya yang telah beroperasi lebih dari 12 Tahun dan memiliki montir yang handal dan berpengalaman. Silahkan kunjungi Bengkel AC Mobil GreenOTO untuk pelayanan yang nyaman dan AC Mobil yang AWET dan DINGIN MAKSIMAL!